Jurnal Sains Riset
Vol 9, No 3 (2019): September 2019

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA

Basri Fauzi Aldina (Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2019

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada mahasisa bimbingan dan konseling Universitas Jabal Ghafur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Pearson product Momentdengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Jabal Ghafur denagn jumlah sampel 79 mahasiswsa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan yang positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar , dimana rxy=0,555; p=0,000 ( p [ 0,050 ). Hasil penelitian menunjukkan mahasisa bimbingan konseling Universitas Jabal Ghafur memiliki kecerdasan emosional yang tergolong tinggi, sebab nilai rerata empirik 97, 354 selisihnya dengan nilai rerata hipotetik 77,5 melebihi bilangan SD atau SB sebesar 8, 184, sedangkan motivasi belajar mahasiswsa tergolong tinggi sebab nilai rerata empirik 135, 658 selisinya dengan nilai rerata hipotetik 110 melebihi bilangan SD atau SB sebesar 11, 613. Kata kunci: Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, mahasisa Bimbingan dan Konseling.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...