Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Minat Mahasiswa Universitas Negeri Padang Mengikuti Kegiatan HIPMI PT Universitas Negeri Padang

Putri Elastia (Unknown)
Mira Hasti Hasmira (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat mahasiswa Universitas Negeri Padang dalam mengikuti kegiatan hipmi pt unp. Teori yang digunakan pada peneliatian ini adalah teori pilihan rasional,bagaimana minat mahasiswa unp, mahasiswa yang dipadang sebagai aktor didalam teori ini, dan minat dan bakat dalam berwirausaha adalaah sumber yang bisa dikendalikan oleh aktor, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus dengan pemilihan informan pada penelitian ini dilakukan dengan cara sengaja (purposive sampling), bukan dilakukan secara acak. Teknik ini merupakan teknik dalam non-probability sampling, dimana pemilihan informan berdasarkan kepada kriteria yang dimiliki oleh subjek yang dipilih karena kriteria tersebut sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil dalam pada penelitian ini ialah minat mahasiswa unp mengikuti kegiatan hipmi memiliki minat yang rendah dikarnakan ada 2 faktor, faktor ekternal dan faktor internal. Factor eksternal yang menyebabkan rendahnya minat mahasiswa UNP mengikuti kegiatan HIPMI PT UNP: (a) kurangnya sosialisasi, (b) Rangkaian acara yang kurang menarik (c) keterbatasan dana sedangkan faktor internal ialah : (a) tidak tertarik dengan kewirausahaan, (b) aktivitas mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...