Tidak terlalu berlebihan jika pendidikan Islam ditunjuk sebagai institusi yang paling dianggap gagal dalam misinya, ketika kehidupan ini telah dipenuhi oleh berbagai penyimpangan dan degradasi moral yang terasa sangat massif akhir-akhir ini. Penilaian ini dianggap wajar karena core dalam pendidikan Islam adalah tatanan nilai moral dan etika luhur yang seyogyanya sanggup ditransformasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegagalan tersebut diyakini karena nilai qur’ani yang menjadi hulu seluruh tatanan nilai itu telah mulai meredup, ika tidak disebut padam dalam sistem pendidikan Islam itu. Maka dipandang penting meniupkan kembali nilai qur’ani tersebut secara komprehensif mulai dari akar filosofis, tujuan, kurikulum, proses dan metodologi hingga evalusi dalam sistem pendidikan Islam. Dan tarikan nafas qur’ani yang kemudian ditiupkan tersebut seharusnyalah dihirup sempurna dan utuh dari al-Qur’an dan tentu al-Sunnah yang menjadi sumber utama pendidikan Islam.
Copyrights © 2019