Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan prosedural dalam pembelajaran matematika menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi bangun datar siswa kelas VA dan VB SDN 04 Nanga Pinoh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental Design) dengan jenis desain Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB SDN 4 Nanga Pinoh yang berjumlah 45 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk essay. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling pada kelas VA berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki, kelas VB berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki.  Hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel = 1.72,  hasil uji hipotesis data pretest dan posttest kelas kontrol memperoleh nilai thitung  = 7.64>1.72, sedangkan uji hipotesis data pretest dan posttest kelas eksperimen memperoleh nilai thitung = 14.61 >1.72, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020