SOSCIED
Vol 2 No 1 (2019): SOSCIED - Juli 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS V SD INPRES 53 KABUPATEN SORONG

Haryo Franky Souisa (Universitas Nani Bili Nusantara)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistimatis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Tipe belajar mencari pasangan (make a match) dikembangkan oleh Lorna Curan (1994). Salah satu keunggulan teknik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai satu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Teknik ini bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkat usia anak didik. Pada dasarnya kegiatan hasil belajar merupakan kegiatan memberikan penilaian seorang guru terhadap perkembangan siswa. Informasi mengenai hasil penilaian proses dan hasil belajar serta hasil mengajar yaitu berupa penguasaan indikator yang telah ditetapkan. Untuk peserta didik dalam pencapaian pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penilaian hasil belajar terbagi atas tiga bagian yaitu : tes tormatif; tes sumatif; dan tes submatif. Maka perlu dilakukan suatu penilitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar yang dilaksanakan di SD Inpres 53 Kabupaten Sorong.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsoscied

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal SOSCIED merupakan salah satu Jurnal Publikasi Ilmiah hasil penelitian bidang Sosial, Sains dan Pendidikan yang berasal dari hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, guru, dosen, dan pengkaji dalam disiplin ilmu Sosial, Sains dan Pendidikan. Jurnal ...