Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 2 No. 1 (2020)

Perbandingan Model Eliciting Activities (MEAs) dan Talking Chips terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika

M Tohimin Apriyanto (Universitas Indraprasta PGRI)
Ita Rahmawati (Universitas Indraprasta PGRI)
Idha Isnaningrum (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membandingkan Model Eliciting Activities (MEAs) dan Talking Chips terhadap kemampuan komunikasi matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan post test only control design. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII yang terdaftar pada sekolah SMPN 196 Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50  peserta didik yang terbagi menjadi 25 peserta didik mewakili kelas eksperimen (kelas VI B) dan 25 peserta didik mewakili kelas control (kelas VI D). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji–t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil thitung > ttabel  yaitu 6,86 > 2,0126. Dengan demikian, terdapat pegaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan komunikasi matematika, sehingga dapat dikatakan bahwa Model Eliciting Activities (MEAs) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif, dan tidak membosankan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JPPM (Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika) editorial board members are from previously teacher-college universities. Review process for this journal applies double blind peer review. The articles sent to the Journal are always reviewed by two reviewers. The decision of the article ...