Salah satu kendala dalam proses pembelajaran adalah penggunaan media yang belum mampu menarik perhatian siswa. Penelitian bertujuan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VI di SDN 016 Tarakan dengan penggunaan media pembelajaran interaktif power point pada materi keseimbangan ekosistem. Metode penelitian menggunakan korelasi atau penelitian sebab akibat. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa: Hasil analisis tabel descriptive statistics menampilkan rata-rata hitung (mean) dari distribusi penggunaan media 38,79 dan motivasi belajar rata-rata hitung (mean) sebesar 39,25. Dapat digambarkan jawaban responden dalam kategori kuat. Hasil perhitungan penggunaan media dalam meningkatkan motivasi belajar, dengan nilai masing-masing sebesar 0,708, r tabel N 28 = 0,423, berarti rhitung rtabel. Untuk itu dapat dinyatakan bahwa penggunaan media dapat meningkatkan motivasi belajar. Hasil t hitung penggunaan media sebesar 5,118, menganalisis t tabel, dengan taraf signifikan 0,05 dk =28 maka t tabel sebesar 1,701 (5,118 1,976) berarti Ho di tolak dan Hi di terima, untuk itu Penggunaan Media dapat meningkatkan Motivasi Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020