Layanan bimbingan dan konseling di perguruan tinggi merupakan kegiatan layanan dan kegiatan pendukung yang dirancang untuk pengembangan diri mahasiswa, yaitu perkembangan pribadi-sosial, dan karir. Penelitian ini dilakukan karena melalui program bimbingan dan konseling di Perguruan Tinggi, konselor PT memberikan bantuan dan bimbingan, serta melakukan hubungan langsung dengan mahasiswa yang bertujuan untuk melakukan perubahan self (diri). Penelitian ini mengenai kebutuhan layanan bimbingan dan konseling mahasiswa di Universitas Borneo Tarakan. Adapun luaran penelitian ini adalah sebagai referensi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya untuk mencapai tujuan layanan bimbingan dan konseling di Perguruan Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan, yang terbagi dalam 7 (tujuh) Fakultas yaitu; Fakultas Hukum, Ekonomi, FKIP, Teknik, Pertanian, Perikanan, dan FIKES sebanyak 6468 orang mahasiswa, dengan sampel 200 orang mahasiswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada variabel layanan bimbingan dan konseling menggunakan skala likert berdasarkan tujuan layanan dasar yang mencakup aspek pribadi, sosial, belajar, dan karir. Berdasarkan hasil penelitian terlihat dari respon mahasiswa sebanyak 85 dengan prosentase 42,5% yang mengatakan layanan bimbingan dan konseling di PT sangat membantu. Sisanya 15 % yang mengatakan baik, 10,5% sangat baik, dan 7,5 sangat penting. Dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui layanan BK di PT ini mempermudah dan memberikan bantuan, serta solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa di Universitas Borneo Tarakan. Â
Copyrights © 2020