Khazanah Pendidikan Islam
Vol 2, No 1 (2020): Khazanah Pendidikan Islam Vol 2, No 1 April (2020)

Pengaruh Pembelajaran Integrative Learning (Il) Dan Predict, Discus, Explain, Observe, Discuss (Pdeode) Terhadap Pemahaman Konsep

Ardian Asyhari (UIN Raden Intan Lampung)
Dina Hariyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika pada materi besaran fisika dan pengukurannya. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tegineneng tahun pelajaran 2018/2019, menggunakan dua kelas, yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan pembelajaran dan pembelajaran PDEODE kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berupa soal pilihan jamak beralasan (four tier diagnostic test) untuk pemahaman konsep dan LKPD sebagai pendukung untuk keterlaksanaan model pembelajaran. Analisis data menggunakan SPSS 23.0. Untuk analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan Anava dua jalan untuk menguji hipotesisnya terhadap data posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pemahaman konsep eksperimen 1 dengan model pembelajaran IL yaitu (63,7), dan untuk kelas eksperimen 2 dengan PDEODE yaitu sebesar (65,28) dan untuk uji hipotesisnya yang pertama adalah (0,93>0,05) A diterima artinya tidak ada pengaruh penggunaan pembelajaran Integrative Learning dan Predict, Discus, Explain, Observe, Discuss, Explain  (PDEODE)  yang kedua yaitu 0.00<0.05 B ditolak artinya ada pengaruh pada pemahaman konsep tinggi dan rendah fisika. Yang ketiga memperoleh 0,75>0,05 A*B diterima artinya  tidak interaksi antara pembelajaran  Integrative Learning dan Predict, Discus, Explain, Observe, Discuss, Explain  (PDEODE) terhadap pemahaman konsep, karena kedua model pembelajaran tersebut sama baiknya untuk diterapkan kedalam pembelajaran kedua kelas eksperimen tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Khasanah Pendidikan Islam e-ISSN: 2715-968X is open access and peer-reviewed journal of Islamic Studies published by the Program Sarjana UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. The journal is published Four time a year (April, Agustus and Desember ) in both print and online versions and provides a forum ...