Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Vol 1 No 3 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP PENGENALAN LAMBANG BILANGAN ROMAWI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MAROS

Nasiruudin, Fathimah Az.Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Pengenalan Lambang Bilangan Romawi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Maros, Fathimah Az.zahra Nasiruddin, Universitas Bosowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap pengenalan lambang bilangan romawi pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian one-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap pengenalan lambang bilangan romawi pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Maros, dibuktikan dengan hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata posttest sebesar 72,53 serta pada hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukan keantusiasan, keaktifan dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan terhadap model pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang termasuk baik. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji “t” yang menunjukan nilai sebesar 9,78 lebih besar dari sebesar 2,064 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga Hipotesis alternatif ) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap pengenalan lambang bilangan romawi pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Maros.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

klasikal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science [p-ISSN 2656-9914| e-ISSN 2656-8772] publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of education, language teaching and science in primary education, secondary education and higher ...