Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep pada materi tekanan hidrostatis dan hukum pascal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik sampling berupa purposive sampling (sample dengan tujuan tertentu). Terdapat 19 soal penguasaan konsep dengan 10 soal pilihan ganda beralasan dan 9 soal pernyataan benar atau salah disertai alasan. Soal-soal penguasaan konsep tersebut disebar ke 109 mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2018 dan 2019. Berdasarkan analisis data, kesulitan mahasiswa terletak pada pengaplikasian persamaan dan penguasaan prinsip-prinsip yang bekerja pada tekanan hidrostatis. Mahasiswa hanya memahami bahwa suatu objek yang memiliki kedalam yang sama, juga memiliki tekanan yang sama. Namun sayangnya, syarat dari keadaan tersebut diabaikan. Lebih lanjut, mahasiswa juga mengalami kesulitan untuk menentukan gaya-gaya yang bekerja di dalam bejana. Hal ini diketahui berdasarkan jawaban dari soal soal penguasaan konsep. Dimana 12% dari mahasiswa tidak mampu menjawab dan memberikan alasan yang tepat. Sedangkan 88% sisanya memberi jawaban yang salah.
Copyrights © 2020