Widyadari : Jurnal Pendidikan
Vol. 19 No. 2 (2018): Oktober 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Widiawati, Cokorde Istri Mirah Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan respon terhadap penerapan model pembelajaran problem solving dalam menganalisis teks eksposisi dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik  kelas X MIPA 5 SMA Negeri 7 Denpasar terdiri atas 36 orang dengan komposisi perempuan berjumlah 21 orang dan laki-laki berjumlah 15 orang. Penelitian ini dirancang melalui penelitian tindakan kelas (PTK) pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018, dan objek penelitian ini adalah kajian analisis teks eksposisi dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran problem solving. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II dilakukan dengan teknik penilaian hasil tes data angka sedangkan pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi untuk data kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian  ini adalah teknik analisis data kuantitatif.        Hasil kemampuan menganalisis teks eksposisi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II dapat pada prasiklus yakni 36 meningkat menjadi 68,19 pada siklus I, dan meningkat kembali menjadi 79,75 pada siklus II. Jumlah nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 67,83 meningkat menjadi 80,94 pada siklus II. Hasil penelitian yang diperoleh telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan.  Hasil observasi peserta didik pada siklus II telah berada di atas 75% sehingga penelitian ini diakhiri dengan dua siklus. Hasil refleksi siklus I menunjukkan bahwa hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan tergolong cukup dengan skor rata-rata yang diperoleh mencapai 68,19 dengan jumlah klasikal 41,67% dan hasil observasi respon peserta didik memperoleh rata-rata 67,83 dengan jumlah klasikal mencapai 33,33%. Berdasarkan hasil tes siklus I yang kemudian beralih pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah proses pembelajaran siklus II dilaksanakan. Peningkatan ini dilihat dari hasil pembelajaran siklus II yang diperoleh mencapai rata-rata 79,75 dengan jumlah klasikal 94,44% dan hasil observasi respon peserta didik diperoleh rata-rata hingga 80,94 dengan jumlah klasikal 94,44%. Dengan penerapan model pembelajaran problem solving mampu meningkatkan kemampuan menganalisis teks eksposisi pada peserta dapat meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

widyadari

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Widyadari diterbitkan oleh LP2M IKIP PGRI Bali memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang ilmu pendidikan. Adapun ruang lingkup kajian jurnal adalah Bimbingan dan konseling, Pendidikan bahasa Indonesia dan daerah, Pendidikan Seni rupa, drama, tari dan musik, Pendidikan ekonomi, Pendidikan ...