Students´ Journal of Economic and Management
Vol 2, No 1 (2013): VOL. 2 NO. 1 EDISI PERTAMA 2013

PENGARUH POLA KLUSTER, FORMASI KETERKAITAN, DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP UKM

Anan Martono, 09.05.51.0064 (Unknown)
., Kasmari (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh pola kluster, formasi keterkaitan, dan orientasi pasar terhadap UKM Tahu di Kota Semarang. Perangkat lunak SPSS digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis  menunjukkan bahwa pola kluster, formasi keterkaitan, dan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap UKM. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan pertumbuhan UKM, perlu memperhatikan faktor-faktor seperti pola kluster, formasi keterkaitan, dan orientasi pasar. Karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya UKM. Implikasi teoritis dan saran bagi penelitian mendatang juga diuraikan pada bagian akhir dalam penelitian ini.Kata Kunci: pola kluster, formasi keterkaitan, orientasi pasar, UKM

Copyrights © 2013