Tri Sentra Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 2, No 4 (2013)

Pengaruh Konsep Diri Siswa dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP di Palu Sulawesi Tengah

Nurwahyuni, Nurwahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2014

Abstract

Permasalahan pokok yang dibahas dalam tulisan ini adalah apakah ada pengaruh positif  konsep diri siswa dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa SMP  di Palu Sulawesi Tengah. Untuk memecahkan permasalahan yang dibahas penulis menggunakan studi literatur. Literatur yang penulis temukan menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara konsep diri dengan  kemandirian belajar siswa SMP di Palu Sulawesi Tengah. Hal ini diperoleh dari penelitian Alif Nur (2012) tentang hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 14 Palu yang hasilnya menunjukkan bahwa melalui analisis inferensial diperoleh nilai r hitung > r tabe ataul 0,709 > 0,254. (2) Ada hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar siswa. Hal ini diperolah dari penelitian Sri Ropiati (2011) tentang hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Marawola yang hasilnya menunjukkan bahwa melalui analisis inferensial diperoleh nialai r hitung > r tabel atau 0,221 > 0,195.

Copyrights © 2013