Tujuan penelitia ini adalah untuk mengetahui penerapan Metode Creative Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kubu. Secara khusu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Model Creative Problem Solving pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kubu dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan Metode Creative Problem Solving pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kubu. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tindakan dan variabel hasil. Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah Metode Creative Problem Solving. MenurutĀ Osborn (Miftahul Huda 2013: 297) ?Creative Proble Solving adalah metode untuk menyelesaikan masalah secara kreatif sadangkan variabel hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengupul data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran dan teknik dokumenter. Secara khusus dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pelaksanaan metode creative problem solving pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kubu sudah tergolong baik, karena proses pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi yang disajikan guru menarik perhatian siswa, langkah-langkah metode creative problem solving, sehingga aktivitas siswa dalam bertanya dan menjawab mulai terlatih dan siswa berani untuk mengeluarkan pendapatnya dalam menjawab pertanyaan yang diberikan dan hasil belajar siklus I dan siklus II terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 83,35 % dengan kategori interpretasi tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019