Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Volume 3 Nomor 1 April 2017

MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN DI PONDOK PESANTREN

Hariawan, Rudi (Unknown)
Hakim, Lukmanul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Pondok pesantren (Islamic boarding school) selama ini masih dianggapsebagai lembaga pendidikan kelas dua yang menjadi pilihan banyak masyarakatkelas menengah ke bawah, karena pendekatan pembelajaran masih menggunakancara konvesional dan fasilitas terbatas, sangat berbeda dengan sekolah/madrasahnegeri (public school) memiliki sumber daya yang memadai. Anggapan ini mulaiberkurang seiring kemampuan pondok pesantren mengelola program pendidikan danpondok pesantren sebagai program unggulan yang tidak akan ditemui di sekolahnegeri. Program unggulan untuk mengembangkan berbagai potensi peserta didik(santriwan/santriwati) dengan keahlian dibidang ilmu agama dan science,penguasaan bahasa Asing, dan keterampilan dibidang teknologi informasi dankomunikasi. Pondok pesantren (Islamic boarding school) dapat dikatakan sebagaimodel lingkungan pendidikan yang paling tepat untuk membentuk karakter manusiayang berahlak mulia, cakap dibidang IPTEK, dan mampu serta terampil berbahasaAsing (Arab dan Inggris). Maka wajarlah jika pondok pesantren YANMU NW Prayaselalu menarik minat masyarakat Lombok Tengah memilih pondok pesantren ini.Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Program Unggulan Pondok Pesantren

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and ...