Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016

PENGARUH KOMPETENSI DOSEN, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA IKIP MATARAM

Suhardi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari informasi tentang pengaruhkompetensi dosen, lingkungan belajar, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasanpelanggan. Penelitian ini diselenggarakan pada mahasiswa IKIP Mataram dengansampel sebanyak 86 mahasiswa, yang dipilih secara acak dengan menggunakansampel acak sederhana. Metode penelitian dengan menggunakan analisis jalur danmenguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruhlangsung kompetensi dosen terhadap kepuasan pelanggan; (2) terdapat pengaruhlangsung lingkungan belajar terhadap kepuasan pelanggan; (3) terdapat pengaruhlangsung kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan; (4) terdapat pengaruhlangsung kompetensi dosen terhadap kualitas pelayanan; (5) terdapat pengaruhlangsung lingkungan belajar terhadap kualitas pelayanan; dan (6) terdapat pengaruhlangsung kompetensi dosen terhadap lingkungan belajar. Oleh karena itu, untukmenmgkatkan kepuasan pelanggan mahasiswa dapat ditingkatkan melalui kompetensidosen, lingkungan belajar, dan kualitas pelyanan.Kata kunci: kompetensi dosen, lingkungan belajar, kualitas pelayanan, dankepuasan pelanggan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and ...