Jurnal Tematik
Vol 3, No 1 (2013): JURNAL TEMATIK

IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT THROUGH MIND MAPPING MODEL OF EIGHT GRADE SMP NEGERI 13 MEDAN. TESIS. PROGRAM PENDIDIKAN DASAR, SEKOLAH PASCASARJANA, UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Sri Mona Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2014

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang dihadapi peneliti didalam kelas pada SMP Negeri 13 Medan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis masih rendah dan tidak memiliki motivasi dalam menulis. Penelitian ini menggunakan mind mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis teks deskriptif. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti dibantu oleh seorang observer meliputi : perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Siklus 1 dan 2 masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.6 semester 2 tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan test menulis, lembar observasi, questioner dan catatan lapangan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berperan aktif selama proses pembelajaran writing dan kemampuan siswa meningkat. Nilai yang diperoleh berdasarkan harus berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Nilai rata-rata pada siklus 1 adalah 68,57 dengan nilai 50=11 siswa (31,42%), nilai 70=7 siswa (20%), dan nilai 80=17 siswa (48,57%). Nilai rata-rata pada siklus 2 adalah 79,14 dengan nilai 70=6 siswa (17,14%), nilai 80=26 siswa (74,28%), dan nilai 90=3 siswa (8,5%). Key words: mind mapping, writing descriptive text.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Tematik merupakan media komunikasi para akademisi, guru dan pemerhati dunia pendidikan dalam perspektif kependidikan. Jurnal tematik merupakan hasil penelitian, refleksi dan kajian kritis yang aktual berkenaan dengan tema-tema pendidikan, seperti kebijakan atau regulasi pendidikan, kurikulum, ...