Multiple Disable with Visual Impairments (MDVI/Deafblind) merupakan istilah yang merujuk pada anak berkebutuhan khusus yang memiliki dua atau lebih hambatan yang disebut tunaganda, misalnya tunanetra disertai tunarungu yang disebut tunanetra-rungu atau buta tuli. Struktur dan media pembelajaran pada MDVI/Deafblind masih dilakukan dengan menggunakan alat peraga sederhana sebagai media pendukung dan proses pembelajaran yang konvensional. Dengan proses yang demikian, para pengajar dan peserta didik memerlukan usaha ekstra agar proses belajar mengajar dapat lancar dilakukan mengingat keterbatasan dari peserta didik dan dan media ajarnya. Media ajar berbasis android ini bangun untuk mnyediakan media tambahan dalam proses belajar mengajar bagi anak berkebutuhan khusus low vision dan deafblind. Hal tersebut dikarenakan Banyuwangi menjadi salah satu kota di Indonesia yang mendapat kesempatan mendirikan lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus tunaganda yang bertaraf Internasional. Pembuatan media bantu belajar ini dibuat menggunakan Android dengan menerapkan kurikulum fungsional yang didalamnya terdapat gambar, video isyarat tangan, audio pengucapan dari tiap-tiap kata sesuai dengan ruang lingkup area kurikulum setiap harinya, yaitu Area Sosial dan Komunikasi, Area Bekerja dan Area Binadiri. Penelitian ini diharapkan dapat mempermudah pendidik dalam penyampaian materi terhadap anak low vision deafblind dalam mereview kegiatan yang sudah dilakukan.
Copyrights © 2016