Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 4 Edisi 3 November 2017

PENGGUNAAN MODEL WORD SQUARE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DIKELAS XI IPS 1 SMAN 1 MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG

Ahksan, Arhan (Unknown)
Awaru, A. Octamaya Tenri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan berlajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran word square, dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data, subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Marioriawa sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan, tahun ajaran 2017/2018 semester genap pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan pendidikan multikultural. Hasil penelitian ini menunjukkan, pada siklus 1 tingkat keaktifan siswa telah mencapai indikator keaktifan belajar yaitu 64,2% yang didapat berdasarkan hasil observasi kegiatan siswa, dan hasil observasi kegiatan guru dalam menerapkan model pembelajaran word square juga masuk dalam kategori baik yaitu 75%. Namun tingkat keaktifan pada siklus satu masih dianggap kurang oleh peneliti dikarenakan tingkatan keaktifan tersebut setara dengan tingkatan biasa seperti belum terlalu maksimalnya respon siswa terhadap intruksi yang diberikan serta siswa masih terlalu kaku dengan kondisi kelas pada saat penelitian, oleh karena itu peneliti akan melanjutkan penelitian pada siklus II dengan beberapa perubahan dari siklus sebelumnya agar terjadi peningkatan keaktifan pada siklus II. Hasil siklus II menunjukkan adanya peningkatan pada siswa, berdasarkan lembar observasi kegiatan siswa diproleh angka persentase keaktifan yaitu 89,2% yang menunjukkan dalam kategori sangat aktif, begitu pula dengan kegiatan guru dalam menerapkan model pembelajaran word square juga masuk kedalam kategori sangat baik yaitu 85,7%. Berdasarkan hasil yang didapat pada siklus II maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri Marioriawa dinyatakan berhasil.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...