Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Upaya guru memaksimalkan internet sebagai sumber belajar. 2) Siswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar di SMA Negeri 5 Makassar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif tipe deskriptif. Jumlah informan sebanyak 15 orang. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sumpling, dengan kriteria yang digunakan yaitu 5 orang guru mata pelajaran, 5 orang siswa kelas X dan 5 orang siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumetasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap, yaitu mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru memaksimalkan internet sebagai sumber belajar di SMA Negeri 5 Makassar yaitu a) pemberian tugas seperti makalah, klipping, dan mencari topic yang mengharuskan siswa mengaksesnya melalui internet; b) mengakses materi ajar di internet yang dilakukan guru dan siswa sebagai perlengkapan materi ajar yang terdapat di buku panduan; c) Menggunakan metode diskusi dengan cara dialog antara guru dan siswa, serta dialog antar guru dan siswa melalui diskusi kelompok. 2) Siswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar yaitu: a) untuk mencari referensi materi dan tugas; b) siswa membuat groupnews untuk mendiskusikan bahan ajar dan tugas sekolah. Kata Kunci: Internet, Sumber belajar, Guru, Siswa
Copyrights © 2016