Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 4 Edisi 3 November 2017

PRIVILESE PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 SENGKANG KABUPATEN WAJO

Andi Ashar (Universitas Negeri Makassar)
A. Octamaya Tenri Awaru (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk Privilese pada siswa di SMA Negeri 2 Sengkang dan apa dampak yang ditimbulkan dari bentuk privilese pada siswa di SMA Negeri 2 Sengkang. Jumlah informan dalam penelitian sebanyak 15 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria teman dekat dari siswa anak pejabat, anak pejabat kepala Instasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data yang dilakukan peneliti adalah member check agar informasi yang diperoleh sesuai penulisan laporan dengan informan atau data yang dimaksud. Analisis data ini diolah secara deskriptif kualitatif dimana peneliti merangkum, memilih dan memfokuskan pada hal penting atau mereduksi data setelah itu penyajian data dilakukan dalam bentuk uraian singkat kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Bentuk Privilese pada siswa di SMA Negeri 2 Sengkang yakni, a. bebas tes masuk sekolah, b. menempati kelas unggulan, c. mendapat nilai tinggi meskipun mempunyai IQ rata-rata, d. mudah dalam memperbaiki nilai, e. bebas akses keluar masuk sekolah, f. adanya kebijakan saat pemotongan rambut, g. tidak mendapat sanksi point saat terlambat, ini terjadi akibat siswa tersebut mempunyai orang tua pejabat dalam yang berasal dari kalangan atas atau golongan elit. 2). Adapun dampak yang ditimbulkan pada siswa di SMA Negeri 2 Sengkang misalnya, a. adanya perbedaan perlakuan, b. timbulnya kecemburuan social, c. adanya perbedaan gaya hidup, d. timbulnya gengsi atau kesombongan pada individu siswa, e. adanya konflik antar siswa yang terjadi di sekolah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...