Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 3, Edisi 1, Maret 2016

MOTIVASI PENDIDIKAN DI KELURAHAN OMPO KABUPATEN SOPPENG

Nurhidayah Nurhidayah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2016

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi pendidikan dan bagaimana peran pemerintah dalam meningkatkan pendidikan diKelurahan Ompo Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian adalah masyarakat di Kelurahan Ompo Kabupaten Soppeng. Jumlah informan sebanyak 26 orang. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik snowbal sampling. Adapun kriteria informan yaitu penduduk asli, tingkat pendidikan maksimal SMA dan pemerintah setempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya motivasi pendidikan masyarakat di Kelurahan Ompo dipengaruhi oleh motivasi intrinsik yaitu banyak diantara masyarakat yang merasa bosan belajar, tidak memiliki niat untuk melanjutkan pendidikan, tidak mampu untuk berpikir dan merasa tidak percaya diri dan motivasi ekstrinsik yaitu faktor lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Lingkungan keluarga meliputi perhatian orang tua, faktor ekonomi dan usia pernikahan, sementara faktor lingkungan masyarakat meliputi teman sebaya/sepermainan dan faktor jarak atau akses ke sekolah. Peran Pemerintah dalam meningkatkan motivasi pendidikan masyarakat di Kelurahan Ompo Kabupaten Soppeng adalah memfasilitasi anak yang ingin mendapatkan beasiswa, menyediakan sarana dan prasarana pendidikan, mengadakan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan dan pelatihan kejar paket A.Kata Kunci: Motivasi Pendidikan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...