Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 4 Edisi 3 November 2017

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MAKASSAR

Fikra Nugraha (Universitas Negeri Makassar)
A. Octamaya Tenri Awaru (Universitas Negeri makassar)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2017

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dan masing-masing siklus dilakukan sesuai tahap dalam PTK yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Makassar sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar sosiologi pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan pendekatan presentase untuk mengetahui sejauh mana tingkat keaktifan belajar sosiologi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : pada siklus I keaktifan belajar siswa sudah mencapai standar dari indikator keaktifan belajar siswa yaitu 80,35% yang diikuti dengan tingkat keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran scramble yaitu 78,84%, kemudian dilanjutkan lagi siklus II, hasil yang di dapat untuk keaktifan belajar siswa yaitu 91,96% yang diikuti dengan tingkat keberhasilan guru yaitu 90,38%. Berdasarkan hasil tersebut, maka H1 diterima yaitu jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada mata pelajaran sosiologi maka keaktifan belajar siswa XI IPS 4 SMA Negeri 1 Makassar meningkat. Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...