Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 4 Edisi 1, Maret 2017

PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 LIUKANG TUPABBIRING KABUPATEN PANGKEP

Makmur Makmur (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran guru sosiologi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring. 2) Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring. Jenis penelitian ini kualitaif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling yang menentukan informan secara sengaja sesuai kebutuhan penelitian. Informan dalam peneltian ini adalah guru dan siswa SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring. Jumlah informan, yaitu sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penilitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan tahapan mereduksi data, mendisiplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data  yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru sosiologi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menyusun perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP, memberikan tas, pulpen dan buku kepada siswa yang berprestasi, memberikan hukuman seperti berdiri di depan kelas, alpa walaupun hadir dan pemberian PR, menggunakan multi metode, seperti metode ceramah dan tanya jawab, metode diskusi, dan metode pemberian tugas, dan pemberian buku paket atau LKS dalam proses pembelajaran. 2) Faktor-faktor yang mendorong motivasi belajar siswa itu, adalah pemberian pujian/hadiah kepada siswa yang berprestasi, penggunaan metode mengajar yang bervariasi, dan ketepatan waktu mengajar guru. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat motivasi belajar siswa itu, adalah lingkungan belajar yang tidak mendukung misalnya, penataan ruang kelas, sarana dan prasarana sekolah tidak memadai seperti meja dan kursi masih kurang, bermain handphone pada proses pembelajaran dan media pembelajaran power point belum diaplikasikan dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Peran Guru Sosiologi dan Motivasi Belajar Siswa 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...