Jurnal Smart PAUD
Vol 1, No 2: Juli 2018

Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Tunagrahita Di SLB C Aditya Grahita Kota Bandung

Yusuf, Harlin (Unknown)
Gadafi, Muamal (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan rasa percaya diri peserta didik tunagrahita melalui layanan bimbingan pribadi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Reseach and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu pertama pendahuluan; observasi ceklis untuk mengetahui kondisi objektif kepercayaan diri peserta didik tunagrahita; kedua tahap merumuskan layanan bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita; ketiga tahap pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kondisi objektif kepercayaan diri peserta didik tunagrahita yang kurang baik; antara lain: kurang minat menulis dan membaca, takut tampil di depan kelas, tidak berkonsentrasi waktu belajar. Layanan bimbingan yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita. layanan yang tersusun diharapakan dapat membantu mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita kearah yang lebih baik. Kata kunci: Layanan Bimbingan, Kepercayaan Diri, Peserta Didik Tunagrahita.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

smartpaud

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...