Jurnal Smart PAUD
Vol 2, No 1: Januari 2019

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MENGKLASIFIKASI BENDA DALAM TIGA KATEGORI (BENTUK, WARNA DAN UKURAN) DI KELOMPOK B TK NEGERI LALOWARU

Aisyah, Aisyah (Unknown)
Amry, Intan Wardany Ranat (Unknown)
Salim, Salim (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan  kognitif  melalui kegiatan  mengklasifikasikan benda dalam tiga kategori di TK Negeri Lalowaru Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak Kelompok B TK Negeri Lalowaru Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan yang berjumlah 15 orang anak laki-laki. Berdasarkan hasil tentang kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pengelompokkan benda menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal diperoleh persentase 27%, pada siklus I diperoleh persentase 53%, dan pada siklus II di peroleh persentase ketuntasan 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Negeri Lalowaru Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan dapat ditingkatkan melalui kegiatan mengklasifikasikan benda dalam tiga kategori (bentuk, warna dan ukuran). Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Mengklasifikasikan Benda, Anak

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

smartpaud

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...