Jurnal Smart PAUD
Vol 1, No 2: Juli 2018

Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Balok Cruissenaire Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari

Mardiana, Mardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media balok cruissenaire di kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak  kelompok B TK Negeri Pembina Kendari, yang berjumlah 19 orang yang terdiri atas 9 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian tentang kemampuan berhitung anak melalui media balok cruissenaire menunjukkan bahwa terdapat peningkatan, hal ini dapat dibuktikan pada siklus I yaitu sebesar 63.1% atau 12 anak dari 19 anak yang memperoleh nilai BSH dan BSB. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 84% atau16 anak dari 19 anak yang memperoleh nilai BSH dan BSB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak di kelompok B TK Negeri Pembina Kendari dapat ditingkatkan melalui media balok cruissenaire.  Kata kunci: Kemampuan Berhitung, Media Balok Cruissenaire, Anak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

smartpaud

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...