Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari yang berjumlah 21 orang anak yang terdiri atas 12 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 73%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 67% dan hasil belajar anak siklus I mencapai persentase sebesar 71,4%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 92% dan hasil belajar anak berupa peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting meningkat sebesar 90,4%. Kata kunci: Kreativitas, Finger Painting, Anak Usia Dini
Copyrights © 2018