Tujuan yang dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemandirian belajar melalui penggunaan e-learning Edmodo dan untuk menganalisis hasil akademik melalui penggunaan e-learning Edmodo pada mahasiswa jurusan PG-PAUD FKIP Universitas Halu Oleo. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Komputasi FKIP Universitas Halu Oleo dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa jurusan PG-PAUD semester genap tahun 2016. Analisis kemandirian belajar diukur jika persentase yang diperoleh lebih dari 50% berada pada kategori minimal tinggi dan hasil akademik mahasiswa jika nilai skor berada minal 60 dengan kategori minimal tingga serta peningkatan hasil akademik mahasiswa menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemandirian belajar mahasiswa berkriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 79,37%, (2) Hasil akademik mahasiswa menunjukkan kriteria yang tinggi dengan peningkatan hasil akademik sebesar 41,41 yang diuji secara statistik cukup signifikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05Â Kata kunci: Kemandirian belajar, e-learning, Edmodo.
Copyrights © 2018