Jurnal Smart PAUD
Vol 1, No 1: Januari 2018

PENGGUNAAN E-LEARNING EDMODO PADA MAHASISWA JURUSAN PG-PAUD UNIVERSITAS HALU OLEO

Salim, Salim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Tujuan yang dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemandirian belajar melalui penggunaan e-learning Edmodo dan untuk menganalisis hasil akademik melalui penggunaan e-learning Edmodo pada mahasiswa jurusan PG-PAUD FKIP Universitas Halu Oleo. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Komputasi FKIP Universitas Halu Oleo dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa jurusan PG-PAUD semester genap tahun 2016. Analisis kemandirian belajar diukur jika persentase yang diperoleh lebih dari 50% berada pada kategori minimal tinggi dan hasil akademik mahasiswa jika nilai skor berada minal 60 dengan kategori minimal tingga serta peningkatan hasil akademik mahasiswa menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemandirian belajar mahasiswa berkriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 79,37%, (2) Hasil akademik mahasiswa menunjukkan kriteria yang tinggi dengan peningkatan hasil akademik sebesar 41,41 yang diuji secara statistik cukup signifikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 Kata kunci: Kemandirian belajar, e-learning, Edmodo.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

smartpaud

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...