Jurnal Ecopsy
Vol 1, No 3 (2014): JURNAL ECOPSY

Perbedaan regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler di Banjarmasin

Kharisma Adipura (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Emma Yuniarrahmah (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Sukma Noor Akbar (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan regulasi diri dalam belajar berdasarkan perbedaan kelas dan jenis kelamin. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banjarmasin dan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Banjarmasin yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa skala regulasi diri dalam belajar. Hasil analisis data menggunakan Anava dua jalur menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler dan juga tidak ada perbedaan regulasi diri dalam belajar siswa berdasarkan jenis kelamin. 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ecopsy

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ecopsy Journal is a scientific journal that focuses on the Science of Psychology, particularly with regard to issues of Environmental Psychology and other branches of Psychological sciences related environmental context (General Psychology, Social Psychology, Developmental Psychology, Clinical ...