JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)
Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)

PENINGKATAN KEAKTIFAN MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION

Yulia Effrisanti (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

AbstrakĀ : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keaktifan mahasiswa bisa meningkat dengan penerapan model pembelajaran group investigation. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi 2014 B sebanyak 40 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah akuntansi keuangan pada semester gasal 2017/2018. Hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan mahasiswa sebesar 34,17%. Model pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga hanya beberapa mahasiswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Dengan diterapkannya model pembelajaran group investigation, pada siklus pertama rata-rata keaktifan mahasiswa meningkat menjadi 62,08%. Pada siklus kedua, rata-rata keaktifan mahasiswa menjadi 83,75%. Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation bisa digunakan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) dengan E-ISSN 2581-0707 merupakan open access peer reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. JPEKBM memuat artikel yang fokus pada pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis, dan ...