Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Vol 2, No 1 (2018): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin

EFEK VARIASI CAMPURAN BAHAN BAKAR DIESEL, METANOL KADAR RENDAH DAN JATROPHA TERHADAP EQUIVALENCE RATIO PADA MESIN DIESEL DENGAN HOT EGR

Yafid Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Salah satu jenis mesin kendaraan bermotor yang sangat sesuai untuk transportasi dan kendaraan alat berat adalah mesin diesel, karena efisiensi pembakaran yang tinggi, kehandalan, fleksibilitas bahan bakar, dan rendahnya konsumsi bahan bakar membuat diesel banyak digunakan di beberapa Negara. Campuran metanol kadar rendah dan jatropha digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan variasi prosentase beban, yaitu pada beban 25%, 50%, 75%, dan 100% dengan variasi bahan bakar diesel murni (D100) dan campuran bahan bakar biosolar, metanol kadar rendah dan jatropha (D85LPM5J10, D80LPM10J10, D75LPM15J10, D75LPM5J20, D70LPM10J20, D65LPM15J20, D65LPM5J30, D60LPM10J30 dan D55LPM15J30) pada 2000 rpm. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar equivalence ratio yang dihasilkan ketika tanpa katub (OEV) dibandingkan dengan ketika katub (OEV) dan ketika menggunakan bahan bakar diesel murni dibandingkan dengan ketika menggunakan campuran bahan bakar biosolar, metanol kadar rendah dan jatropha pada mesin diesel Isuzu 4JB1 injeksi langsung dengan sistem Hot EGR (Exhaust Gas Recirculation). Metanol kadar rendah yang digunakan mempunyai kadar air 24,88% berbasis volume. Penelitian ini dilakukan eksperimen dilaboratorium thermofluid UNDIP. Hasil penelitian ini, dengan meningkatkan nilai equivalence ratio diikuti peningkatan EGR. Nilai equivalence ratio cenderung menurun ketika menggunakan campuran bahan bakar dibandingkan D100. Ada beberapa campuran bahan bakar terjadi peningkatan nilai equivalence ratio dibandingkan D100 untuk D65LPM15J20 dan D80LPM10J10 pada beban rendah (25%) sebesar 4.52% dan 11.4%.  Kata Kunci: Rasio Ekuivalen, EGR, Biosolar, Metanol, Jatropha

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mjtm

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Motor Bakar adalah jurnal online prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang berisi tentang artikel hasil penelitian dibidang Konversi Energi, Perancangan dan Teknik Manufaktur serta Rekayasa Teknik Otomotif. Sebagai wadah bagi para dosen maupun mahasiswa dalam membuat ...