Jurnal Pendidikan IPS
Vol 2, No 2 (2018)

Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV

Ni Nyoman Tri Astrini (Universitas Pendidikan Ganesha)
Made Sumantri (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Wayan Rati (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Parisudha terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 133 orang dan sampel penelitian berjumlah 43 orang yang diambil dengan teknik group desain random sampling. data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Role Playing Berorientasi Tri Kaya Parisudha dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (sig 0,000<0,05), dengan demikian model pembelajaran Role Playing Berorientasi Tri Kaya Parisudha berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata kunci : Hasil Belajar  IPS, Role Playing Berorientasi Tri Kaya parisudha

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PIPS

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan ilmu sosial. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu ...