FOKUS : Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan
Vol 3, No 2 (2020): Vol 3, No 2 Maret 2020

GAMBARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YANG MENGALAMI KECANDUAN GAME ONLINE

Cahyana Cahyana (IKIP SILIWANGI)
Euis Eti Rohaeti (IKIP SILIWANGI)
Maya Masyita Suherman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui gambaran siswa SMP yang mengalami kecanduan game online di salah satu sekolah SMP yang berada di  Kecamatan  Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan, dengan fenomena yang terjadi saat ini yaitu banyaknya siswa yang bermain game online. Metode yang digunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan cara  wawancara dan observasi. Subjek penelitian yaitu 3 siswa yang mengalami kecanduan game online dan guru BK. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa tersebut mengalami kecanduan game online mobile legends karena mereka setiap harinya bermain sehingga menghabiskan waktu sepulang sekolah 4 sampai  6 jam lebih mereka bermain game tersebut. Akibatnya 3 siswa yang kecanduan tersebut sering bolos sekolah, motivasi belajar kurang, sering mengantuk bahkan tidur di kelas saat belajar berlangsung. Kata Kunci: Game online, Siswa SMP

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Fokus publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Guidance and Counseling study program of IKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: Guidance and Counseling educator in elementary, secondary and high school level. Guidance and Counseling observers ...