FOKUS : Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan
Vol 3, No 1 (2020): Vol 3, No 1 Januari 2020

GAMBARAN SELF EFFICACY SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN

Andri Ferdyansyah (IKIP Siliwangi)
Euis Eti Rohaeti (IKIP Siliwangi)
Maya Masyita Suherman (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2020

Abstract

Self efficacy adalah suatu bentuk rasa keyakinan dalam kemampuan diri dalam untuk mencapai tujuan tertentu. Self efficacy yang rendah pada siswa akan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaranya. Hal ini akan berdampak pada siswa menjadi malas untuk belajar, rasa cemas yang tinggi dalam mengerjakan tugas, kemampuan diri yang rendah terhadap pembelajaran, dan rasa cepat menyerah terhadap pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self efficacy siswa terhadap pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga siswa SMK Taruna Lembang memiliki self efficacy yang rendah terhadap pembelajaran di sekolah.Kata Kunci: Pembelajaran, Self efficacy

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Fokus publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Guidance and Counseling study program of IKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: Guidance and Counseling educator in elementary, secondary and high school level. Guidance and Counseling observers ...