FOKUS : Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan
Vol 2, No 1 (2019): Vol 2, No. 1 Januari 2019

EFEKTIVITAS TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMA

Annisa Nurul Fatimah (IKIP Siliwangi)
Winny Sujayati (IKIP Siliwangi)
Wiwin Yuliani (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan pun menggunakan kajian literatur yang terdahulu. Subjek yang diteliti pun menggunakan subjek dari hasil penelitian terdahulu serta partisipan penelitiannya dengan hasil yang sesuai dengan pembahasan kali ini. Hasil penelitian konseling self management dapat digunakan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Hal ini terbukti dengan perubahan pola perilaku subjek yang diteliti mengalami perubahan dalam kedisiplinan belajarnya sebelum dan sesudah subjek melakukan proses konseling (menurut kajian terdahulu). Berdasarkan hasil penelitian terdahulu ini dapat disimpulkan bahwa konseling dengan menggunakan teknik self management dinyatakan efektif dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa SMA. Kata Kunci: Self-management, Kedidiplinan belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Fokus publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Guidance and Counseling study program of IKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: Guidance and Counseling educator in elementary, secondary and high school level. Guidance and Counseling observers ...