Journal of Classroom Action Research
Vol. 1 No. 2 (2019)

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa

Ni Wayan Sri Kastining (SMA Negeri 1 Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan  hasil belajar Sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram pada materi sumber sejarah dan tahapan penelitian sejarah dengan menerapkan  pembelajaran  Kooperatif tife Insede Outside Circle ( IOC ).  Penerapan pembelajaran Kooperatif  tife Insede Outside Circle ( IOC ) ini diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran sehingga  hasil belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua siklus).  setiap siklus  terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklis I dari tanggalan 2 Agustus 2018 sampai 16 Agustus 2018 dan siklus II dari tanggal 23 Agustus 2018 sampai 6 September 2018. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51% siswa mendapat nilai 75 Karena pada siklus I belum memenuhi ketuntasan belaja yang diisyaratkan yaitu 85% siswa mendapatkan nilai 7,5, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II,  sebesar 93 %  yang artinya ketuntasan belajar sudah tercapai dan hasil belajar mengalami peningkatan, disimpulkan dengan penerapan  pembelajaran Kooperatif  tife Insede Outside Circle    ( IOC )  dapat meningkatkan  hasill belajar  siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran sejarah.Kata Kunci: Pembelajaran  Kooperatif ,  Insede Outside Circle ( IOC ), peningkatan  hasil belajar, Sumber sejarah dan Tahapan penelitian sejarah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...