Journal of Classroom Action Research
Vol. 2 No. 1 (2020)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Materi Turunan Fungsi Aljabar dengan Metode Tutor Sebaya

Nuraini Nuraini (SMA Negeri 1 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada materi turunan fungsi aljabar dengan menerapkan metode tutor sebaya di SMA Negeri 1 Mataram tahun pembelajaran 2018/2019. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Observasi dilakukan dalam pembelajaran dengan model siklus yang menerapkan metode tutor sebaya, dokumentasi mempelajari dokumen hasil pembelajaran, sedangkan wawancara dilakukan dengan guru dan siswa. Analisis data dilakukan pada data awal yaitu prasiklus, data hasil observasi, dan data akhir hasil penilaian. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada materi turunan fungsi aljabar dengan menerapkan metode tutor sebaya di SMA Negeri 1 Mataram tahun pembelajaran 2018/2019. Hal ini ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata, yaitu 70,88 pada siklus I, dan 84.53 pada siklus II.Kata kunci: Tutor sebaya; Turunan fungsi aljabar; Siklus Hasil belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...