Jurnal Geocivic
Vol 2, No 1 (2019)

UPAYA GURU PPKN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII -11 DI SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

Oktosiyanti MT. Abdullah (Universitas Khairun)
Natalia Umawaitina (FKIP Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang faktor-faktor apa yang menghambat guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang meneliti terkait dengan upaya guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila pada peserta didik kelas VII-11 SMP Negeri 2 Kota Ternate.. Subyek penelitian adalah guru dan peserta didik. Sumber data yang diguankan dalam penelitian ini adalah  data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitia menujukan bahwa upaya guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila pada peserta didik kelas VII-11 SMP Negeri 2 Kota Ternate telah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan sikap respon peserta didik terhadap praktek nilai- nilai demokrasi Pancasila. Faktor-faktor penghambat guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila pada peserta didik kelas VII-11 SMP negeri 2 Kota Ternate bisa diatasi dan pengimplementasian terlaksana dengan baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

geocivic

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Geocivic dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun yang terbit 2 kali dalam setahun, memuat tulisan dosen, praktisi, dan mahasiswa bidang ilmu pendidikan sosial. Setiap terbitan memuat sebanyak 6-15 naskah artikel dengan ...