Indonesian Journal of Educational Assesment
Vol 1, No 2 (2018): IJEA 2018

Penggunaan Asesmen Elektronik Berbasis Edmodo Sebagai Assessment for Learning Keterampilan Abad 21

Wulan, Ana Ratna (Unknown)
Isnaeni, Aisah (Unknown)
Solihat, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2019

Abstract

Keterampilan abad 21 adalah keterampilan yang perlu dikuasai siswa dalam era globalisasi. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat menentukan kelulushidupan generasi Indonesia di masa depan. Keterampilan memecahkan masalah merupakan salah satu keterampilan penting abad ke-21. Oleh sebab itu, penelitian ini difokuskan pada keterampilan memecahkan masalah abad 21. Pengembangan keterampilan abad 21 pada siswa tidak akan berhasil jika asesmen yang digunakan tidak sesuai. Siswa tidak akan memperoleh umpan balik yang tepat untuk perbaikan pembelajarannya. Inovasi pembelajaran yang dilakukan tidak akan berhasil jika asesmen yang digunakan tidak tepat. Sesuai tantangan global dewasa ini, penelitian ini mengembangkan asesmen berbasis ICT yang tidak hanya mengukur keterampilan kognitif siswa, akan tetapi juga mengembangkannya. Model asesmen dikembangkan dengan memanfaatkan aplikasi website berbasis Edmodo. Fitur-fitur asesmen tersebut dapat diakses melalui smartphone. Penelitian ini dilakukan melalui Mixed Method. Penelitian ini telah menghasilkan model asesmen elektronik untuk assessment for learning. Asesmen elektronik tersebut dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, sebagai salah satu indikator penting keterampilan abad 21.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijea

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Educational Assessment (hence IJEA) is a national journal providing authoritative source of scientific articles for researchers in academia, research institutions, government agencies, industries, and others. We publish original research papers, review articles, and case ...