Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga
Vol 18, No 2 (2019): December

PENINGKATAN KEMAMPUAN RENANG GAYA KUPU-KUPU MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN VARIATIF BAGI MAHASISWA

Ruslan Abdul Gani (Universitas Singaperbangsa Karawang.)
Abdul Sukur (Universitas Negeri Jakarta)
Setio Nugroho (Universitas Singaperbangsa Karawang.)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan renang gaya kupu-kupu melalui strategi pembelajaran variatif. Metode Penelitiannya dengan penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis and Taggart. Jumlah mahasiswa dalam penelitian ini 33 mahasiswa. Hasil Penelitian pada tes awal kategori kurang skor 42 s.d 61  sebanyak  20 orang (60,90%)  kategori cukup  skor 62 s.d 71 sebanyak 5 orang (15,15%) kategori baik  skor  72 s.d 91 sebanyak 5 orang (15,15%) kategori baik sekali skor 92 s.d 100 sebanyak 3 orang (9,09%), siklus pertama  mahasiswa yang mendapat nilai baik skor  67-75  ada 16 mahasiswa (48,48%), dan mahasiswa yang mendapat nilai  baik sekali skor 83-100 ada 17 mahasiswa (51,52%) siklus kedua mahasiswa yang mendapat nilai baik skor nilai 75 ada 8 mahasiswa (24,24%), dan mahasiswa yang mendapat nilai Baik Sekali skor 83-100 ada 25 mahasiswa (75,76%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran renang gaya kupu-kupu dengan starategi pembelajaran variasi dapat meningkatkan keterampilan renang gaya kupu-kupu. Kata Kunci : Renang Gaya Kupu-kupu, Strategi Pembelajaran Bervariasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

multilateralpjkr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analisis kritis setara ...