Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan renang gaya kupu-kupu melalui strategi pembelajaran variatif. Metode Penelitiannya dengan penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis and Taggart. Jumlah mahasiswa dalam penelitian ini 33 mahasiswa. Hasil Penelitian pada tes awal kategori kurang skor 42 s.d 61  sebanyak  20 orang (60,90%)  kategori cukup  skor 62 s.d 71 sebanyak 5 orang (15,15%) kategori baik  skor  72 s.d 91 sebanyak 5 orang (15,15%) kategori baik sekali skor 92 s.d 100 sebanyak 3 orang (9,09%), siklus pertama  mahasiswa yang mendapat nilai baik skor  67-75  ada 16 mahasiswa (48,48%), dan mahasiswa yang mendapat nilai  baik sekali skor 83-100 ada 17 mahasiswa (51,52%) siklus kedua mahasiswa yang mendapat nilai baik skor nilai 75 ada 8 mahasiswa (24,24%), dan mahasiswa yang mendapat nilai Baik Sekali skor 83-100 ada 25 mahasiswa (75,76%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran renang gaya kupu-kupu dengan starategi pembelajaran variasi dapat meningkatkan keterampilan renang gaya kupu-kupu. Kata Kunci : Renang Gaya Kupu-kupu, Strategi Pembelajaran Bervariasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019