Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga
Vol 14, No 2 (2015): December

PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI ERA ABAD 21

Mashud Mashud (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2017

Abstract

Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan KesehatanDi Era Abad 21. Perbedaan karakteristik peserta didik pada abad sebelum 21 dan abad21 tentunya berdampak pada pendekatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik, agar mampu memfasilitasi kebutuhan tiap peserta didik dalam belajar. Fakta ini menuntut guru (PJOK) untuk segera menyesuaikan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman.Alternatif jawaban dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontemporer yang berorientasi pada konstruktivisme khusus pada mata pelajaran pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan (PJOK) di abad 21 ini dengan sebaik-baiknya. Maka dampak langsung yang dirasakan oleh peserta didik, peserta didik akan merasakan menjadi orang yang  di  orangkan  oleh  guru.  Mengapa  demikian...?  karena  dalam  pendekatan yang berorientasi pada siswa, siswa merasa dilibatkan secara langsung, dihargai dan digali potensinya dan dibimbing untuk mendapatkan pengetahuannya sendiri olah guru, guru hanya merencanakan, mendampingi, mengarahkan dan memfasilitasi siswa dalam belajar mengurangi keterlibatan sebagai pengajar tetapi sebagai pembelajar.Dengan pergesaran peran guru yang semacam ini sehingga siswa merasa dihargai atau  diorangkan  oleh  guru,  siswa  digali  potensi  dan  kemampuannya  serta  diberi kebebasan dalam menuangkan dan mengepresikan konsep dan pengetahuannya dalam pembelajaran yang dirancang oleh guru. Kalau siswa merasa dilibatkan secara total dan dihargai  oleh  guru  dalam  pembelajaran  maka  dengan  sendirinya  akan  muncul  dan tertanam sikap kemandirian, kreativitas dan tanggung jawab.  Akhirnya akan  mampu membantu guru dalam mewujudkan tujuan pembelajaran yang direncanakan oleh guru.Kelebihan inilah yang dipandang akan berdampak pada perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik. Namun sebagai catatan, untuk mewujudkan dan menerapkan prosespembelajaran dengan berorientasi pendekatan pada siswa (student centered) di abad 21 ini tidak semudah membalikkan telapak tangan.  Tapi membutuhkan kesungguhan dari guru sebagai ujung tombak di sekolah, pemerintah sebagai unsur kontroling dan evaluasi. Kesemuanya harus saling bahu membahu dan saling bekerja sama dengan baik untukbetul-betul komitmen menjalankan.Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, PJOK, Abad 21

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

multilateralpjkr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analisis kritis setara ...