Masalah yang di kemukakan dalam penelitian ini adalah sangat rendahnya kemau siswa untuk melakukan proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan selanjutnya bagaimana pelaksanaan permainan kecil dalam proses pembelajaran penjas orkes di Sekolah Dasar Negeri 10 Koto Tinggi Surian, sehubungan dengan masalah di atas maka penulisan bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan permainan kecil dan proses pembelajaran Penjasorkes Jenis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan kecil dalam proses pembelajaran Penjas Orkes di Sekolah Dasar Negeri 10 Koto Tinggi Surian. Penelitian ini berbentuk deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh murid kelas III sampai V Sekolah Dasar Negeri 10 Koto Tinggi Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok yang berjumlah 68 orang, Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Random Sampling diambil 10% berjumlah 50 orang. Alat pengumpulan data adalah kuesionoer menggunakan model skala Guttman dengan kategori Ya dan Tidak. Analisis data menggunakan teknik prosentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan penerapan permainan kecil dalam proses pembelajaran Penjas Orkes di Sekolah Dasar Negeri 10 Koto Tinggi Surian dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan penilaian siswa diperoleh sebanyak 43 orang (86%) responden menyatakan Ya, dan 7 orang (14%) responden menyatakan Tidak. Dari hasil ini menunjukkan bahwa penerapan permainan kecil akan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dan juga dapat meningkatkan intelektual siswa. Selain itu permainan kecil ini dapat disesuaikan dengan kondisi sarana dan prasarana yang ada. Dengan penerapan permainan kecil dalam proses pembelajaran penjas orkes diharapkan siswa lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran ini.
Copyrights © 2019