Pengembangan Model Pembelajaran Interaksi Sosial Bagi Peningkatan Apresiasi dan Ekspresi Seni Pentas Di SMA Kabupaten Subang.Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Pendidikan merupakan wadah untuk melestarikan nilai-nilai keilmuan. Proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik dalam pendidikan bertujuan untuk memberikan bekal kehidupan sehari-hari. Dalam proses tersebut diperlukan guru yang memberikan keteladanan, membangun kemauan, serta mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik. Pembelajaran apresiasi seni pentas di SMA saat ini belum memperoleh hasil yang maksimal. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor yang menghambat keberhasilan tersebut. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran apresiasi dan ekspresi seni pentas di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi penelitian ini adalah Sekolah Menegah Atas Negeri Se- Kabupaten Subang.Sampel penelitian adalah tiga Sekolah Menengah Atas Negeri dipilih dua kelas, yaitu kelas XI dan masing-masing kelas dipilih satu kelas. Sampel penelitian ini mencakup siswa, guru mata pelajaran bahasa Indonesia,dan rekan sejawat. Untuk menjaring data peneliti menggunakan tes kognitif sebagai pengujian kompetensi siswa dan tes performance sebagai tes pengujian praktik pementasan, wawancara, dan obsevasi.Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data dan uji coba model disimpulkan bahwa model pembelajaran berinteraksi sosial bagi peningkatan apresiasi seni pentas di SMA merupakan model yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran apresiasi seni pentas di SMA. Hal ini terbukti pada uji coba1 rata-rata 65,36, uji coba 2 rata-rata 69,87, uji coba 3 rata-rata 77,69 bahwa prestasi siswa berdasarkan uji coba tersebut rata-rata dapat meningkat dengan baik. Model pembelajaran interaksi sosial apresiasi dan ekspresi seni pentas merupakan model pembelajaran yang sangat efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam kompetensi apresiasi seni pentas.Berdasarkan respon guru dan siswa mengenai model tersebut sangat menarik dan memberikan kekhasan untuk lebih akif dan kreatif.
Copyrights © 2018