Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI RENGASDENGKLOK KABUPATEN KARAWANG PROVINSI JAWA BARAT

Fadhil Santosa (UIN SGD Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

ABSTRAKFaktor yang menyebabkan prestasi belajar siswa itu rendah, antara lain dapat diasumsikan dan dipengaruhi oleh : Kepemimpinan Kepala Sekolah belum mampu mendorong peningkatan prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan secara optimal; Kompetensi guru baru 40% yang memiliki standar kompetensi yang ditetapkan pemerintah; Budaya kerja yang belum mengarah kepada peningkatan prestasi belajar siswa; Lingkungan kerja yang belum kondusif untuk terciptanya proses belajar mengajar yang mengarah kepada peningkatan prestasi belajar siswa; Disiplin kerja guru belum terbangun sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai guru yang profesional. Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka rumusan masalahnya adalah : Seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap prestasi belajar siswa ? Seberapa besar pengaruh Kompetensi Guru terhadap prestasi belajar siswa; seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa ?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan quesioner dengan skala likert skor pilihan jawaban 1-5. Sampel dalam penelitian sebanyak 68 responden dengan teknik proporsional stratified random sampling. Teknik analisa data, menggunakan analisis statistik regresi ganda dan korelasi product moment.Variable penelitian dalam tesis ini yaitu dua variabel bebas; kepemimpinan kepala sekolah, Kompetensi guru dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap variable prestasi belajar siswa sebesar 35,8%. Pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 15,8%. Sedangkan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 18,3%.Saran, sudah saatnya pendidikan di lingkungan madrasah dikelola secara profesional, agar prestasi belajar siswa sebagai bagian dari produktifitas kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru mengarah kepada peningkatan kualitas pendidikan yang diharapkan semua pihak dapat tercapai.Kata Kunci : kepala sekolah,  kompetensi guru, prestasi belajar siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

rabbani

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Rabbani adalah majalah publikasi yang memuat Kajian Ilmu atau selalu berhubungan dengan ilmu Pengetahuan serta temuan baru dalam pendidikan dan pengetahuan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala, yang diterbitkan oleh Fakultas ...