cover
Contact Name
Ilham Fitrahriansyah
Contact Email
kppub.hki@unsika.ac.id
Phone
+6281284589454
Journal Mail Official
fathurrohman.fai@staff.unsika.ac.id
Editorial Address
Fakultas Agama Islam Alamat : Jl. H.S. Ronggowaluyo Teluk Jambe Karawang 41361
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
ISSN : -     EISSN : 2549337X     DOI : http://dx.doi.org/10.35706/
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Pendidikan Islam Rabbani adalah majalah publikasi yang memuat Kajian Ilmu atau selalu berhubungan dengan ilmu Pengetahuan serta temuan baru dalam pendidikan dan pengetahuan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala, yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Unsika. Tujuan penerbitan jurnal ini adalah untuk memungkinkan para Dosen mengomunikasikan ide dan pemikiran kepada orang lain yang tertarik dalam subjek yang sama atau yang berdekatan. semoga semua tulisan yang termuat di jurnal ini bisa berkontribusi dalam upaya membangun pendidikan Islam yang adaptif dan siap dalam menghadapi tantangan global.
Articles 42 Documents
PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM MENANAMKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus Di SMK Texar Kec. Klari Kab. Karawang) Siti Masruroh
JPI-Rabbani Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Al-Qur?an adalah kalamullah, kitab suci mulia yang paling paripurna, pedoman dan landasan hidup setiap manusia beriman, yang mengakui Allah Swt. sebagai Tuhan Yang Maha Esa. Isinya mencakup segala segi kehidupan manusia. Kemuliaan umat ini adalah tergantung kepada bagaimana mereka berinteraksi terhadap al-Qur?an. Sebagai kitab pedoman, ia harus dibaca dan bahkan sangat dianjurkan untuk dijadikan bacaan harian. Hal ini tersirat dalam berbagai keistimewaan, baik dalam keistimewaan tilawah, keistimewaan tadabbur, dan keistimewaan hifzh atau hafalan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang tempat SMK Texar Kec. Klari Kab. Karawang dengan pemilihan subjek penelitianatau informan menggunakan teknik purfosive. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam bagaimana penanaman karakter terhadap siswa SMK Texar Klari Kab. Karawang serta bagaimana proses pemnbiasaan membaca al-qur?an dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penanaman karakter siswa yang dilakukan di SMK Texar Klari Kab. Karawang dilakukan dengan berbagai cara dan metode, diantaranya pembiasaan membaca al-Qur?an berjalan efektif dan memiliki hubungan positf terhadap pembentukan karakter siswa. 
MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN Eddy Junaedi
JPI-Rabbani Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan memiliki kedudukan yang penting dan strategis dalam pembangunan suatu bangsa, karena melalui pendidikan generasi dalam bangsa dipersiapkan. Sumber Daya Sekolah (SDS) yang memadai, hal ini menyangkut (1) sumber daya manusia, (2) sumber daya fisik (sarana prasarana), (3) sumber daya keuangan dan (4) sumber daya informasi. Menyadari pentingnya proses peningkatan mutu pembelajaran dan kualitas para peserta didik, maka dari itu pengembangannya perlu ditingkatkan, agar dapat memberikan layanan secara profesional untuk terselenggaranya proses Mutu Pembelajaran. Penelitian ini difokuskan terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia (Tenaga Pendidik).Dalam mengungkap permasalahan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan studi dokumentasi selanjutnya diolah, diinterprestasikan dan disimpulkan sesuai dengan tujuan penelitian. Dari hasil penelitian tampak bahwa pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pembelajaran diawali dengan tahap perencanaan sampai pengawasan.Adapun bentuk program yang dilaksanakan yaitu mengikutsertakan guru dalam berbagai kegiatan seperti (1) Peningkatan kemampuan penggunaan ICT, (2) Melaksanakan Inhouse Trainning, (3) Memperdayakan forum guru (MGMP), (4) Mengikutsertakan guru untuk memperoleh sertifikasi dan (5) penulisan karya ilmiah. Simpulan hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan sumber daya manusia dilaksanakan dengan menerapkan konsep manajemen sekolah.Kata Kunci: sumber daya sekolah, peningkatan kualitas, pembelajaran
PENGARUH GADGET (SMARTPHONE) BAGI KEHIDUPAN KEAGAMAAN MAHASISWA (Studi Kasus pada Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Prabumulih Sumatera Selatan) Yeni Yuliana
JPI-Rabbani Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gadget smartphone adalah sebuah ponsel yang menawarkan kemampuan komputasi yang lebih maju dan konektivitas dari fitur telepon kontemporer. Gadget smartphone dan fitur ponsel terkadang dianggap sebagai komputer genggam yang terintegrasi dengan telepon seluler. Dengan pesat nya perkembangangadgetsmartphone saat ini, maka banyak yang menggunakan gadget smartphone itu selain untuk browsing, internet, mendengarkan musik dan menonton film dan video. Yang menjadi pocus perhatian peneliti pada dampak gadget smartphone adalah terhadap sisi religiousitas para mahasiswa, khususnya di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) - Prabumulih yang berada di Jurusan Sistem Informasi dan Komputerisasi Akuntansi, sebagai mahasiswa yang dekat dengan tema besar peneliti yaitu pengaruh gadget terhadap religisiousitas mahasiswa, peneliti ingin mengetahui bagaimana dan seperti apa pengaruh gadget terhadap sisi religiousitas mereka.Kata kunci: Gadget smartphone, religiousitas
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM HIDDEN CURRICULUM DI SEKOLAH TUNAS UNGGUL BANDUNG Eddy Junaedi
JPI-Rabbani Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada lingkungan sekolah hidden curriculum berfungsi dan mendukung serta menyempurnakan kurikulum formal. Terdapat sejumlah aspek untuk mengimplementasikan hidden curriculum di sekolah, di antaranya praktik dan hasil pembelajaran yang tidak diuraikan dalam kurikulum formal dan hanya melalui petunjuk dan kebijaksanaan sekolah. Karena itu, kurikulum formal dan Hidden curriculum saling melengkapi, keduanya tidak dapat dipisahkan dalam prakteknya di lingkungan sekolah.Mengenai hidden curiculum sebagai penguatan wawasan bahwa selama ini dalam upaya membangun karakter peserta didik tidak hanya terpaku melalui kegiatan pada kurikulum potensial. Sedangkan hidden curiculum yang selama ini belum banyak mendapatkan perhatian optimal di lembaga sekolah diyakini memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu, diperlukan penelitian tentang potensi pendidikan karakter di Sekolah Tunas Unggul Bandung.Jenis penelitian yang akan digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi dan pendekatan komprehensif (holistik). Pihak-pihak yang dijadikan sumber data, yaitu Direktur Sekolah Tunas Unggul, dan Kepala SMP Tunas Unggul Bandung serta dokumen-dokemen sekolah yang ada hubungannya dengan penelitian ini.Hasil penelitian menemukan bahwa pendidikan karakter dilaksanakan di Sekolah Tunas Unggul Bandung merupakan pendekatan yang menyertai kurikulum yang digunakan di sekolah. Pada setiap kegiatan intrakurikuler maupun dalam bidang ekstrakurikuler di dalamnya terkandung hidden curriculum yang terdapat nilai-nilai karakter.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Hidden Curriculum
KONSEP KURIKULUM MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM BERBASIS KKNI (Studi Implementasi Pembelajaran MKWU-PAI di Unsika) N. Fathurrohman
JPI-Rabbani Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum (PTU) sejak era reformasi hingga saat ini mengalami perubahan sebanyak tiga kali. Penelitian ini bermaksud membedah konsep Kurikulum PAI, sekaligus menganalisis implementasinya di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika). Paradigma Kurikulum PAI Tahun 2000 merupakan kelanjutan dari paradigma kurikulum era Orde Baru, yang berorientasi murni pada akidah, syari’ah, dan akhlak. Adapun Kurikulum PAI Tahun 2002 mengindikasikan pergeseran paradigma dan perubahan materi secara radikal, di mana agama diletakkan dalam konteks realitas yang selalu dinamis. Sedangkan Kurikulum PAI Tahun 2013 itu lebih menonjolkan pendekatan pembelajaran berbasis proses keilmuan (scientific approach) dan aktivitas (activity base).Secara konseptual Kurikulum MKWU-PAI berbasis KKNI bertumpu pada sejumlah kompetensi yang hendak dicapai. Kompetensi-kompetensi yang diinginkan, selanjutnya dijabarkan ke dalam dua kompetensi, yakni Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Dengan demikian, kehadiran Kurikulum MKWU-PAI yang berbasis KKNI ini tidak berarti mengubah konteks dan konten mata kuliah PAI sebelumnya secara total. Justru kurikulum PAI berbasis KKNI ini nyaris tidak merombak muatan kurikulum tahun 2002. Yang berubah secara ekstrem hanyalah strategi pembelajarannya yang sangat bertumpu pada kata-kata kunci berikut: Pendekatan Berbasis Proses Keilmuan (Scientific Approach), karakter pembelajaran yang mengaktifkan mahasiswa (Student Active Learning), proses membangun pengetahuan (Epistemological Approaches), dan orientasi pada aktivitas (Activity Base), bukan materi (Content Base).Kata Kunci: kurikulum MKWU-PAI, KKNI
PERANAN MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DAN IMPLEMENTASINYA DI FAKULTAS AGAMA ISLAM (FAI) UNSIKA Amirudin Amirudin
JPI-Rabbani Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKDunia pendidikan juga tidak dapat terlepas dari sistem manajemen. Pada pendidikan terdapat beberapa kelemahan mendasar dalam penyelenggaraannya di Indonesia, dan kelemahan mendasar itu antara lain yaitu bidang manajemen yang mencakup dimensi proses dan substansi. Pada tataran proses, seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi belum dilakukan dengan prosedur kerja yang ketat. Pada tataran substantif, seperti personalia, keuangan, sarana dan prasarana, instrument pembelajaran, layanan bantu, layanan perpustakaan, dan sebagainya, tidak hanya substansinya belum komprehensif, melainkan kriteria keberhasilan untuk masing-masingnya belum ditetapkan secara taat asas. Kata Kunci: manajemen, implementasi
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI RENGASDENGKLOK KABUPATEN KARAWANG PROVINSI JAWA BARAT Fadhil Santosa
JPI-Rabbani Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKFaktor yang menyebabkan prestasi belajar siswa itu rendah, antara lain dapat diasumsikan dan dipengaruhi oleh : Kepemimpinan Kepala Sekolah belum mampu mendorong peningkatan prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan secara optimal; Kompetensi guru baru 40% yang memiliki standar kompetensi yang ditetapkan pemerintah; Budaya kerja yang belum mengarah kepada peningkatan prestasi belajar siswa; Lingkungan kerja yang belum kondusif untuk terciptanya proses belajar mengajar yang mengarah kepada peningkatan prestasi belajar siswa; Disiplin kerja guru belum terbangun sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai guru yang profesional. Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka rumusan masalahnya adalah : Seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap prestasi belajar siswa ? Seberapa besar pengaruh Kompetensi Guru terhadap prestasi belajar siswa; seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa ?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan quesioner dengan skala likert skor pilihan jawaban 1-5. Sampel dalam penelitian sebanyak 68 responden dengan teknik proporsional stratified random sampling. Teknik analisa data, menggunakan analisis statistik regresi ganda dan korelasi product moment.Variable penelitian dalam tesis ini yaitu dua variabel bebas; kepemimpinan kepala sekolah, Kompetensi guru dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap variable prestasi belajar siswa sebesar 35,8%. Pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 15,8%. Sedangkan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 18,3%.Saran, sudah saatnya pendidikan di lingkungan madrasah dikelola secara profesional, agar prestasi belajar siswa sebagai bagian dari produktifitas kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru mengarah kepada peningkatan kualitas pendidikan yang diharapkan semua pihak dapat tercapai.Kata Kunci : kepala sekolah,  kompetensi guru, prestasi belajar siswa
PENGENALAN METODE TAKHRIJ HADITS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI DOSEN FAKULTAS AGAMA ISLAM (FAI) UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG (UNSIKA) Tajudin Nur; Debibik Nabilatul Fauziah
JPI-Rabbani Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKHadits sebagai sumber syariat Islam kedua setelah Al-Qur’an banyak tersebar di berbagai kitab hadits, upaya pencarian sebuah hadits dengan membuka satu persatu kitab-kitab tersebut tentunya menjadi suatu hal yang tidak mungkin, namun dengan adanya metode takhrij hadist upaya pencarian hadits akan menjadi mudah, metode ini adalah mengeluarkan atau mengungkapkan hadist dari sumber-sumber aslinya. Melihat betapa pentingnya ilmu takhrij maka kami mengadakan pengabdian di kalangan dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Unsika berupa pengenalan metode takhrij hadist dengan cara memperkenalkan metode takhrij hadits secara umum dan kitab-kitabnya, serta mempraktekkannya untuk mencari sumber hadits yg terdapat dalam kita-kitab hadits. Pengabdian ini bertujuan agar dosen mampu mengenal metode takhrij hadits dan mempraktekkannya dengan interaksi langsung dengan kitab-kitab takhrij dan kitab-kitab hadits. Kata Kunci: metode takhrij hadits, kompetensi dosen
PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO Khalid Ramdhani
JPI-Rabbani Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor telah melahirkan banyak alumni yang berkiprah di masyarakat dan menjadi pemimpin yang mempersatukan umat. Karena salah satu visi Gontor adalah mencetak kader-kader pemimpin umat yang berjiwa tangguh, militant, bermoral Islami, dan bepengetahuan luas untuk menegakkan agama Allah melalui proses latihan, pendidikan serta pembinaan yang Gontor terapkan selama ini dengan motto siap memimpin dan siap di pimpin. Hal ini membutuhkan proses yang tidaklah mudah dan instant, akan tetapi Gontor mampu dengan totalitas kehidupan yang dibangun di atas nilai-nilai, jiwa, filsafat hidup tanpa terpisahkan Al-Qur?an dan Sunnah. Gontor memiliki kiat-kiat dan metode tersendiri dalam mendidik para santrinya agar memiliki jiwa kepemimpinan. Salah satunya adalah Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) yang memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting dalam memimpin, mengatur, mengkontrol, mengorganisir jalannya peraturan di Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai tangan kanan pimpinan pondok. Maka setiap pengurus OPPM harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dalam mengkondisikan peran nya sebagai pengurus organisasi dan tidak lepas dari peran primernya yaitu sebagai santri di pondok itu sendiri. Dengan salah satu selogan masyhur di Pondok Modern Darussalam Gontor yang selalu diaungkan oleh kiyai, para guru dan pengurus pondok yaitu siap dipimpin dan mau memimpin. Maka  para santri di Pondok Modern Darussalam Gontor didik dengan suatu pola agar mereka siap dipimpin oleh santri senior dan guru-guru kelak mereka harus siap melanjutkan roda perputaran kepengurusan di pondok dengan memimpin para santri juniornya.  Kata Kunci : Pendidikan, Kepemimpinan, Organisasi Pelajar, dan Pondok Modern  
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN TUNTUNAN SHOLAT 5 WAKTU MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS6 (Studi Kasus SDIT Tunas Cendikia Baturaja ) Yeni Yuliana
JPI-Rabbani Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Publisher : Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam hal ini Penulis membuat media pembelajaran tuntunan Shalat Lima Waktu menggunakan aplikasi Adobe flash CS6, karena aplikasi Adobe flash CS6 ini adalah aplikasi terbaru flash yang mempunyai fitur cukup lengkap untuk pembuatan sebuah animasi dan video kartun berbentuk gifdan movie. Dengan adanya aplikasi media pembelajaran Shalat Lima Waktu ini, diharapkan bisa menarik kembali motivasi belajar, dan dapat lebih di mengerti oleh peserta didik, khususnya diSDIT Tunas Cendikia Baturaja.Karena didalam aplikasi media pembelajaran tuntunan Shalat Lima Waktu ini menggunakan animasi gambar, huruf dan efek suara yang lebih mudah dimengerti oleh anak-anak. Sedangkan untuk hasil akhir dari media pembelajaran ini nantinya akan berupa video tutorial Shalat Lima Waktu yang di simpan dalam  DVD dan kemudian dapat di tampilkan kembali melalui DVD player untuk video bentuk Avi(Audio Video Interleave)dan media komputer untuk bentuk format Avi (Audio Video Interleave),  fla  maupun  swf (Shockwave Flash).  Kata kunci: Adobe flash CS6, TuntunanSholat 5 waktu.