Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

KONTRIBUSI TENAGA EDUKATIF DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Achmad Junaedi Sitika (Dosen Pendidikan Agama Islam FAI Unsika)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah pendidikan tingkat dasar yang dilakukan tenaga edukatif. Pengembangan kurikulum dikonsepsikan sebagai upaya mengembangkan kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan Paradigma Integrasi-Interkoneksi Ilmu sebagai orientasi pengembangan keilmuan.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi tenaga edukatif dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, adapun pendekatan atau desain penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, Teknik pengumpulan data diantaranya adalah: 1) Teknik observasi, 2) Teknik dokumentasi, 3). Teknik pengamatan, 4) Teknik wawancara.Setelah melakukan penelitian, akhirnya penulis mendapatkan hasil dari penelitian tersebut bahwa kontribusi tenaga edukatif dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam sebesar 75,1% tergolong tinggi sedangkan factor pendukung diperoleh sebesar 66,56%, dengan katagori baik dan factor penghambat dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam, rata-rata sebesar 56,9% dengan katagori kurang.Keyword: kontribusi, tenaga edukatif, kurikulum

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

rabbani

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Rabbani adalah majalah publikasi yang memuat Kajian Ilmu atau selalu berhubungan dengan ilmu Pengetahuan serta temuan baru dalam pendidikan dan pengetahuan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala, yang diterbitkan oleh Fakultas ...