Perencanaan kegiatan sekolah/madrasah adalah suatu proses yang dilakukan untuk meningkatkan mutu dengan memperhatikan masukan, proses dan keluaran sekolah. Tujuannya adalah untuk menciptakan atmosfer transparansi dan akuntabilitas manajemen yang akan meningkatkan produktivitas (efektifitas dan efisiensi) sekolah/madrasah yang berlandaskan ajaran Islam, sehingga melahirkan sekolah/madrasah yang lebih berkualitas di masa yang akan datang.Sebagai kegiatan yang terus berproses secara cepat dan dinamis pendidikan Islam termasuk yang paling banyak menghadapi problematika. Berbagai aspek yang terkait dengan kegiatan tata kelola pendidikan Islam, mulai dari visi, misi, tujuan, dasar dan landasan pendidikan, kurikulum, tenaga kependidikan, metodologi pembelajaran, sarana, prasarana, evaluasi dan pembiayaan masih merupakan permasalahan yang sungguh sulit dipecahkan.Bahkan di sekolah/madrasah tertentu, sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat, akibat dari kurang siapnya kepala sekolah/madrasah dengan kemampuan manajerial yang memadai, bahkan belum siap dalam menggapai kualitas dan daya saing pendidikan secara nasional, apalagi internasional. Untuk menjawab tantangan ini kepala sekolah sebagai manajer yang me-menej sekolah/madrasah seharusnya berusaha secara bertahap dan dengan sekuat tenaga, untuk menjadikan sekolah/madrasah yang dipimpinnya menjadi sekolah/madrasah dengan manajemen yang lebih baik, berkualitas dan mampu bersaing secara nasional dan internasional.Kata Kunci: penguatan, manajemen, lembaga pendidikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018