Dalam memberikan rangsangan motivasi terhadap mahasiswa dalam memiliki jasa pendidikan yang dibuktikan dengan ijazah kelulusan terhadap masa kuliah yang ditempuhnya di Universitas Singaperbangsa Karawang harus senantiasa berorientasi terhadap keinginan mahasiswa sebagai konsumen guna memberikan kepuasan yang berdampak positif terhadap peningkatan nilai loyalitas. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan perhatian dan perbaikan yang dilakukan oleh pimpinan lembaga perguruan tinggi yang ada di Universitas Singaperbangsa Karawang guna memberikan pelayanan jasa pendidikan yang diharapkan oleh mahasiswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas jasa pelayanan akademik, kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang dengan metode penelitian menggunakan deskriptif veripikatif dengan teknik analisis jalur, dengan respondennya adalah mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang dengan jumlah populasi 3000 mahasiswa aktif yang sudah melakukan pembayaran registrasi ulang 2012 dan diambil sampel sebanyak 312 orang dengan taraf kesalahan 5%.Adapun hasil penelitian mengenai variabel kualitas jasa pelayanan akademik, kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa pada skala cukup, pengaruh parsial secara langsung variabel kualitas jasa pelayanan akademik (X1) sebesar 6,3% (?2yx1). Adapun variabel kepuasan mahasiswa (X2) sebesar 51% (?2yx2) sedangkan pengaruh tidak langsung kedua variabel tersebut (X1,X2) terhadap loyalitas mahasiswa (Y) sebesar 5,2%. Pengaruh perilaku mahasiswa (X1) dan citra lembaga (X2) secara simultan terhadap keputusan menjadi mahasiswa (Y) sebesar 62,5%, sedangkan pengaruh variabel lain di luar model adalah sebesar 37,5%. Kata kunci : kualitas jasa pelayanan akademik, kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa
Copyrights © 2016